Tetap Semangat Dalam Menjalani Setiap Kehidupan

Senin, 30 Oktober 2023

PENERAPAN BUDAYA POSITIF UNTUK MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER



Pendidikan merupakan aspek penting dalam membangun diri pribadi, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan dipengaruhi dari budaya yang ada di masyarakat. Keberagaman budaya yang ada di masyarakat, terlebih lagi di Indonesia sangatlah banyak. Sehingga bentuk penerapan sebagai wujud pelestarian budaya melalui pendidikan pun juga terjadi di sekolah. Dalam dunia pendidikan tentunya budaya yang mengandung nilai-nilai kebajikan universal akan tetap diterapkan, hal ini akan membentuk karakter murid yang kuat dengan nilai budaya yang luhur.

Budaya positif yang diciptakan di sekolah biasanya berkaitan dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan dengan terus-menerus sehingga membentuk karakter murid. Karena bernilai baik dan dilakukan terus-menerus maka hal ini dapat dijadikan suatu kedisiplinan di sekolah yang kemudian dibawa ke masyarakat. Pentingnya menjadikan kebiasaan positif menjadi suatu kedisiplinan agar setiap murid yang ada di suatu sekolah disamping mempunyai bekal pengetahuan akademik juga mempunyai kepribadian yang baik dan berbudi luhur.

Kamis, 19 Oktober 2023

Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Budaya Positif


 

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

KESIMPULAN, REFLEKSI PEMAHAMAN DAN RANCANGAN AKSI NYATA

 

A. Kesimpulan Tentang Peran Saya Dalam Menciptakan Budaya Positif Di Sekolah

Pada tulisan kali ini, saya menyampaikan pengalaman saya dalam mempelajari materi yang ada pada modul 1 yaitu Paradigma dan Visi Guru Penggerak. Di dalam modul 1 ini terdapat 4 bagian materi, yaitu modul 1.1 dengan materi Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara, modul 1.2 dengan materi Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak, modul 1.3 dengan materi Visi Guru Penggerak dan yang terakhir pada modul 1.4 dengan materi Budaya Positif. Materi yang disampaikan sangat menarik dan merupakan hal baru bagi saya, tentunya hal tersebut menjadikan saya merasa sangat terbantu dalam mengenali diri saya sebagai guru dalam dunia pendidikan.