Tetap Semangat Dalam Menjalani Setiap Kehidupan

Minggu, 30 Oktober 2022

Mouse Wireless Bluetooth Merk Inphic PM6

Sebagai orang yang bergelut dibidang IT, tentunya punya rasa penasaran terhadap beberapa barang atau hardware yang berkaitan dengan bidang tersebut. Apalagi jika hardware tersebut merupakan kebutuhan utama dan keseharian digunakan untuk bekerja. Dan rasa penasaran, ingin mencoba hardware tersebut semakin tinggi terlebih lagi hardware tersebut harganya masih terjangkau kantong kita.

Pada kali ini, saya ingin berbagi sedikit pengalaman dalam menggunakan mouse wireless. Saya sudah pernah menggunakan mouse wireless sebanyak 3X dengan kisaran harga dibawah 100ribu. Dari ketiganya tersebut menggunakan mouse wireless dengan merk yang berbeda dan ketiganya mempunyai perbedaan, terutama yang jelas pada pemakaian jenis battery. 

Mouse wireless yang pertama sekitar tahun 2014 dengan harga 80ribu dengan corak tulisan ASUS. Baterai yang dipakai 2x baterai jenis AAA dengan sensor blue light. Penggunaan tidak sampai setahun sudah sulit digunakan, yaitu tersendat-sendat sehingga susah digunakan untuk pekerjaan cepat dan drag n drop.

Kamis, 27 Oktober 2022

Fingerprint Login Linux Mint 21 Cinnamon pada Laptop ASUS P2440U

 

Pada laptop yang saya miliki ini dengan merk ASUS type P2440U terdapat fitur hardware fingerprint. Selama menggunakan Linux Mint dari versi 20 sampai upgrade ke versi 21 fitur fingerprint tersebut belum saya gunakan. Karena pensaran dan mumpung ada waktu, saya coba mencari tahu bagaimana cara menggunakannya. Setelah mencari lewat search engine google dan membuka beberapa forum yang kiranya membahas tersebut, alhasil saya mencoba untuk menerapkan informasi pada forum berikut ini: https://askubuntu.com/questions/511876/how-do-i-install-a-fingerprint-reader-on-lenovo-thinkpad

Saya coba baca dan cermati dari informasi tersebut memang tidak spesifik untuk Linux Mint, namun digunakan pada Linux Ubuntu 20.04, 16.04 dan 15.04. Karena Linux Mint juga merupakan distro turunan dari Ubuntu maka saya rasa untuk konfigurasinya kemungkinan besar masih sama. Dengan segala resikonya saya mulai mencoba membuka Terminal untuk mengetikkan perintah sesuai arahan pada informasi tersebut.

Instal aplikasi untuk pengelolaan fingerprint: