Tetap Semangat Dalam Menjalani Setiap Kehidupan

Minggu, 30 Oktober 2022

Mouse Wireless Bluetooth Merk Inphic PM6

Sebagai orang yang bergelut dibidang IT, tentunya punya rasa penasaran terhadap beberapa barang atau hardware yang berkaitan dengan bidang tersebut. Apalagi jika hardware tersebut merupakan kebutuhan utama dan keseharian digunakan untuk bekerja. Dan rasa penasaran, ingin mencoba hardware tersebut semakin tinggi terlebih lagi hardware tersebut harganya masih terjangkau kantong kita.

Pada kali ini, saya ingin berbagi sedikit pengalaman dalam menggunakan mouse wireless. Saya sudah pernah menggunakan mouse wireless sebanyak 3X dengan kisaran harga dibawah 100ribu. Dari ketiganya tersebut menggunakan mouse wireless dengan merk yang berbeda dan ketiganya mempunyai perbedaan, terutama yang jelas pada pemakaian jenis battery. 

Mouse wireless yang pertama sekitar tahun 2014 dengan harga 80ribu dengan corak tulisan ASUS. Baterai yang dipakai 2x baterai jenis AAA dengan sensor blue light. Penggunaan tidak sampai setahun sudah sulit digunakan, yaitu tersendat-sendat sehingga susah digunakan untuk pekerjaan cepat dan drag n drop.

Mouse wireless yang kedua beli lagi dengan model agak kecil dengan tulisan TP-Link. Iya memang hanya tulisan hiasan saja, karena TP-Link vendor untuk hardware jaringan. Coba iseng beli waktu ada perlu di kota Jombang. Lumayan sich irit baterai karena hanya menggunakan 1 baterai dengan jenis AAA. Namun sama saja, itu pun juga tidak bertahan lama, kurang lebih pemakaian setahun sudah sulit untuk dipakai untuk pekerjaan yang membutuhkan akselerasi yang cepat.

Mouse wireless yang ketiga juga iseng beli ketika mampir di salah satu toko komputer yang sering dilewati ketika perjalanan pergi dan pulang kerja. Kali ini modelnya agak tipis dan lebar. Sedangkan pada sumber daya menggunakan baterai AA sebanyak 1 buah. Yang kali ini lebih parah, karena penggunaannya yang paling singkat.

Mouse Wireless dan Bluetooth

Pada tahun 2022 ini saya mencoba menggunakan mouse wireless lagi dengan pertimbangan jika pakai mouse kabel USB setiap hari pasang cabut kemungkinan port USB akan cepat aus dan longgar. Dan hal itu sudah mulai terasa dan selain itu, sering kali kabel mouse saling melilit dengan charger laptop di dalam tas. Untuk kali ini saya beli melalui paltform jual beli online Shopee. Setelah ada informasi bahwa bagian klik dari mouse sekarang ini sudah sunyi (silent)/tidak bersuara dan mouse yang sumber dayanya tidak perlu beli baterai lagi karena sudah ada baterai didalamnya yang bisa dicharging.

Dengan memanfaatkan waktu yang cukup longgar, saya coba cari mouse wireless dengan baterai tanam (recharging) dan silen klik. Dari sekian kali mencari, sampailah pada pilihan di salah satu produk mouse wireless dan tidak hanya menggunakan wifi saja, namun juga menggunakan bluetooth. Yaitu pilihan jatuh pada Mouse Wireless Bluetooth merk Inlhic seri PM6 dengan harga 119ribu. Beberapa kelebihan yang saya dapat informasikan diantaranya:

Recharging Baterry

Pengalaman menggunakan mouse wireless dengan baterai biasa sering kali harus ganti baterai setelah pemakaian kurang lebih 1 bulan. Dan saya rasa itu boros, sehingga memaksa saya membeli baterai khusus yang bisa rechargeable. Repotnya jika baterai habis, iya harus dilepas dan dimasukkan ke alat pengisinya dan memakan waktu yang cukup lama, bisa lebih dari 2 jam. Dengan mouse yang include baterai dan bisa di-charge langsung tanpa harus menghentikan pekerjaan.

Silent

Penggunaan dimalam hari yang sunyi dan disaat anggota keluarga sedang istirahat bisa jadi bunyi klik pada mouse akan mengganggu. Oleh karena itu saat menggunakan mouse dengan jenis silent dapat memberikan ketenangan pada suasana sekitar. Biasanya silent klik pada mouse juga mempengaruhi jenis kliknya, yaitu ketika dirasakan saat penakanan klik akan terasa lebih empuk.

Dongle Wireless

Tidak jauh berbeda dengan mouse yang lain dengan koneksi melalui wifi, maka mouse ini pun juga menyertakan dongle wifi USB. Pada selektor pastikan mengarah pada koneksi jaringan wifi.

Bluetooth

Mouse ini selain memiliki koneksi dengan menggunakan jaringan wireless juga menggunakan koneksi bluetooth versi 4 dan 5. Ini adalah fitur yang sangat istimewa dan patut untuk dicoba. Percobaan koneksi menggunakan bluetooth versi 4 saya coba dengan menggunakan smartphone merk Asus Zonfone Max Pro M1. Dan hasilnya sangat memuaskan.

Perocbaan berikutnya yaitu menggunakan bluetooth versi 5 yang bisa terhubung dengan laptop yang saya gunakan yang dimana ada fitur bluetooth didalamnya. Dengan sedikit utak-atik alhasil mouse bisa dioperasikan dengan normal.