Tetap Semangat Dalam Menjalani Setiap Kehidupan

Kamis, 27 Oktober 2022

Fingerprint Login Linux Mint 21 Cinnamon pada Laptop ASUS P2440U

 

Pada laptop yang saya miliki ini dengan merk ASUS type P2440U terdapat fitur hardware fingerprint. Selama menggunakan Linux Mint dari versi 20 sampai upgrade ke versi 21 fitur fingerprint tersebut belum saya gunakan. Karena pensaran dan mumpung ada waktu, saya coba mencari tahu bagaimana cara menggunakannya. Setelah mencari lewat search engine google dan membuka beberapa forum yang kiranya membahas tersebut, alhasil saya mencoba untuk menerapkan informasi pada forum berikut ini: https://askubuntu.com/questions/511876/how-do-i-install-a-fingerprint-reader-on-lenovo-thinkpad

Saya coba baca dan cermati dari informasi tersebut memang tidak spesifik untuk Linux Mint, namun digunakan pada Linux Ubuntu 20.04, 16.04 dan 15.04. Karena Linux Mint juga merupakan distro turunan dari Ubuntu maka saya rasa untuk konfigurasinya kemungkinan besar masih sama. Dengan segala resikonya saya mulai mencoba membuka Terminal untuk mengetikkan perintah sesuai arahan pada informasi tersebut.

Instal aplikasi untuk pengelolaan fingerprint:

sudo apt install libpam-fprintd

Jalankan perintah konfigurasi:

fprintd-enroll

Secara otomatis akan muncul jendela authentikasi password



Sentuh fingerprint dengan jari yang dikehendaki beberapa kali sampai prompt kembali normal. Disini saya menggunakan cara 2 kali gesek jari telunjuk, 2 kali jari tengah dan 2 kali jari manis.


Aktifkan login dengan authentikasi fingerprint dengan perintah:

sudo pam-auth-update

Pilih (beri tanda bintang) pada pilihan fingerprint kemudian pilih OK.


Untuk mencoba hasilnya, lakukan logout dan login lagi dengan cara mengetikkan nama, Enter kemudian gesek jari pada fingerprint kemudian Enter.

Catatan: 
Percobaan pertama saya gesek 6 kali dengan jari yang berbeda, yaitu telunjuk kanan, jari tengah kanan, jari manis kanan, telunjuk kiri, jari tengah kiri dan jari manis kiri, ternayat gagal sehingga tidak bisa dipakai login

Percobaan kedua saya gesek satu jari saja yaitu jari telunjuk kanan sebanyak 6 kali, dan ternyata dapat dipakai untuk login.

Karena saya setahu saya login fingerprint bisa beberapa jari maka dari itu saya lakukan percobaan berikutnya menggunakan cara gesek 2 kali jari telunjuk, 2 kali jari tengah, dan 2 kali jari manis. Alhasil ketika dipakai login ketiganya bisa dipakai.

Semoga tulisan ini dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan fitur yang ada pada laptop Anda terutama pada laptop yang dilengkapi dengan fitur fingerprint.